Photobucket

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Objek Wisata Cibulan

Cibulan merupakan salah satu objek wisata andalan yang berada di kabupaten Kuningan. Objek wisata ini berupa wisata pemandian air dingin yang diresmikan pada tanggal 27 agustus 1939.

Di kawasan objek wisata Cibulan terdapat dua buah kolam besar yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 35 x 15 meter persegi, dan mempunyai kedalaman sekitar 2 meter.

Kemudian untuk kolam yang kedua dibagi menjadi dua bagian, untuk bagian yang pertama mempunyai kedalaman sekitar 60 sentimeter sedangkan bagian yang kedua berkedalaman 120 sentimeter.

Pada setiap bagian kolamnya dihuni Ikan Dewa atau Kancra Bodas, yaitu ikan yang memiliki warna abu-abu kehitaman. Ikan tersebut merupakan jenis ikan yang dikeramatkan oleh penduduk di Desa Manis Kidul.

Konon menurut mitos yang berkembang ikan tersebut memiliki keistimewaan tertentu. Jika anda ingin berbasa-basahan di kolam, jangan takut akan mendapat serangan dari ikan, sebab ikan yang ada di kolam tersebut jinak.

Selain itu keistimewaan lain dari wisata pemandian ini, terdapatnya tujuh sumur. Tujuh sumur merupakan tujuh sumber mata air yang dikeramatkan.

Ketujuh sumur tersebut terdiri dari kolam-kolam kecil, diantaranya adalah, Sumur kejayaan, Sumur kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur ciranca, Sumur cisadane, Sumur kemudahan dan Sumur keselamatan.

Tujuh sumur tersebut sering dijadikan tempat untuk ziarah sebab para peziarah percaya bahwa air yang terdapat pada kolam tersebut akan membawa berkah dan mengabulkan permintaan mereka. (Ndh)

Ikan Dewa atau Kancra Bodas
Sumber : cybertravel.cbn.net.id
 
Powered By essa.com | Portal Design By Sindang Laut © 2010