Photobucket

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Tahapan Umur Manusia

Hidup dimulai dengan kelahiran dan diakhiri dengan kematian.jangka waktu antara kelahiran dan kematian itulah yang disebut umur.Ada yang jangka pendek,yaitu beberapa menit,jam atau hari saja.Dan ada juga yang berjangka panjang bertahun-tahun,belasan tahun,puluhan tahun bahkan lebih dari 100 tahun.

Tak hanya panjang pendeknya umur manusia yang harus kita renungkan,tapi semua pertanda dari tingkat ke tingkat umur manusia adalah masalah-masalah besar yang menarik hati yang bisa menebalkan iman di dada. Umur manusia yang pendek itu dapat kita bagi menjadi beberapa masa boleh dibagi 3 masa,yaitu masa kanak-kanak,masa dewasa dan masa tua.Ada Juga yang membagi umur manusia kedalam 10 masa seperti. Dibawah ini

1. MASA KANAK-KANAK
Yaitu sejak hari kelahiran sampai usia 7 tahun.Setiap pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohaninya 100 persen menurut sunah atau ketentuan Ilahi semata.

2. MASA REMAJA
Yaitu antara umur 8 dan 14. tahun .Masa dimana seorang anak timbul semangat berlomba dalam segala hal,ingin lebih dari orang lain.usia remaja sangat diperlukan bimbingan yang luar biasa baik dari orang tua agar menjadi manusia baik kelak dikemudian hari.

3. MASA AKIL BALIG
Yaitu antara umur 15 dan 21 tahun masa sempurnanya pertumbuhan jasmani dan rohani (akal) masa yang penuh angan-angan,cita-cita.tapi banyak pula memiliki cacat rohaniah,terlalu egois,kurang pemikiran,suka bebas dalam segala hal dan terkadang jadi pembangkang.masa ini orang tua harus lebih lagi dalam meningkatkan pengawasan agar terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif misalnya pergaulan bebas,juga narkoba.

4. MASA DEWASA
Yaitu umur 21 sampai 26 tahun dimana satu masa dimana banyak celahnya karena diombang ambingkan syahwat yang bergelora.Disaat inilah waktu yang tepat untuk melangsungkan pernikahan,agar nafsu dan semangatnya dapat disalurkan kearah yang baik agar tidak merusak kehidupan dan kesehatan.

5. MASA DEWASA SEMPURNA
Yaitu umur 27 sampai 35 tahun.Masa pertumbuhan jasmani mencapai tingkat kesempurnaan dan terkuat begitu juga dengan rohaninya,akal dan pikiran sudah terbuka hingga menjadi terang dan jelas,tegas dan tidak ragu dalam menjalankan rencana-rencana dirinya dan keluarga.

6. MASA PERTENGAHAN UMUR
Yaitu umur 36 sampai 40 tahun.Dimasa ini hati manusia menjadi tetap.Dimasa inilah kebanyakan Nabi Dan Rasul-rasul diangkat Allah menjadi Nabi.

7. MASA SETENGAH TUA
Yaitu umur 41 sampai 50,biasanya orang sudah merasa tidak muda lagi tapi kebanyakan juga masih segan dianggap tua.dimasa ini banyak yang bosan terhadap benda atupun makanan dan minuman yang dahulunya sangat disukai.Perhatiannya mulai condong ke agama .dimasa ini banyak orang yang bertobat.ini masa-masa keinsyafan dan kesadaran.

8. MASA MENURUN
Yaitu masa umur 51 sampai 65 tahun masa segala kekuatan mulai menurun,penyakit pun seolah-olah bersahabat dengan manusia golongan umur ini.

9. MASA TUA
Yaitu umur 65 sampai 75 tahun umur yang penuh cobaan karena berbagai penyakit sudah menyerang tubuh dan sangat membutuhkan pertolongan orang lain,dan yang tidak tabah akan lebih menderita lagi

10 MASA TUA BANGKA
Yaitu umur 75 tahun ke atas sungguh lebih hebat lagi penderitaanya,tak bisa dibayangkan bila tak memiliki anak ataupun cucu yang akan mengurusnya.

Umur manusia adalah satu rahasia besar yang belum sanggup pula kita manusia menyingkap seluruh rahasianya.Sehingga dengan mengingat umur manusia itu,semakin percaya kita terhadap Allah,dan semakin kokohlah keimanan.
 
Powered By essa.com | Portal Design By Sindang Laut © 2010