Photobucket

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Tahukah Anda?

R.A. Kartini bukanlah pemberi nama buku Habis Gelap Terbitlah Terang Adalah J.H. Abendanon yang saat itu Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda yang membukukan surat-surat Kartini pada tahun 1911, dan menamainya Door Duisternis tot Licht.

Bahwa pencipta lagu kebangsaan Singapura Majulah Singapura yaitu Zubir Said adalah seorang Minangkabau.

Taman lumut dengan jumlah koleksi terbesar di dunia terdapat di Kebun Raya Cibodas, Pacet, Cianjur. Taman ini memiliki sekitar 170 spesies lumut yang sebagian besar berasal dari Indonesia.

Mona Lisa tidak mempunyai alis mata. Di Firenze pada masa Renaisans terdapat kebiasaan untuk mencukur habis alis mata perempuan.

Di kalangan budaya tertentu, pohon pepaya disebut sebagai pohon obat karena biji dan daunnya digunakan untuk pengobatan.

Kucing pernah dihubungkan dengan perdukunan dan ilmu hitam. Karena itu di kota Metz, Perancis, dalam satu tahun pernah 962.000 ekor kucing dibakar hidup-hidup, karena mereka dianggap sebagai 'tukang sihir yang sedang menyamar.

Great Salt Lake adalah danau Garam terbesar di belahan barat dunia. Air danau ini enam kali lebih asin daripada air laut biasa.

Di Eureka, California, laki-laki berkumis dilarang mencium perempuan.

Meteran parkir pertama di dunia ditempatkan di Oklahoma City, Oklahoma, pada 1935.

Flyer adalah pesawat pertama yang diterbangkan di Kitty Hawk oleh Wright Bersaudara pada 17 Desember 1903. Namun penerbangan perdananya hanya berlangsung 12 detik. Mereka mencoba menerbangkannya tiga kali lagi hari itu, dan penerbangan terakhir berlangsung 59 detik dan menempuh jarak 259,69 meter.

Perubahan cuaca yang tercatat paling cepat adalah dari -20°C menjadi 7,2°C dalam waktu dua menit, Perubahan ini terjadi di Spearfish, South Dakota karena hembusan angin chinook pada 22 Januari 1943 antara pk. 7.30 dan 7.32 pagi. Pada pk. 9.00 temperatur naik lagi menjadi 12°C. Mendadak angin berhenti bertiup, dan cuaca turun kembali menjadi -20°C.

Sebagian besar abjad di dunia berkembang dari abjad yang diciptakan sekitar 3.600 tahun yang lalu di Timur Tengah dan dikenal sebagai Alfabet Semit Utara.

Pahlawan Britania, Laksamana Horatio Nelson meminta dikuburkan di Gereja St. Paul di London, dan bukan di Westminster Abbey, tempat para pahlawan nasional negara itu biasanya dimakamkan Alasannya, ia mendengar bahwa gereja itu sedang tenggelam ke Sungai Thames.

Laut Merah diberi nama demikian karena ganggang yang sekali-sekali berkembang pesat di laut itu, mengubah air laut yang hijau kebiruan menjadi merah, ketika ganggang itu mati.

Mata burung unta lebih besar daripada otaknya.

Gading gajah terus bertumbuh sepanjang hidupnya, dan beratnya dapat mencapai lebih dari 100 kg.

Sayap kelelawar, telinga gajah dan kelinci, kaki flamingo, tanduk kambing, serta kulit manusia mempunyai fungsi yang sama, yaitu melepaskan panas untuk mendinginkan tubuh.

Jika ada patung orang naik kuda dan dua kaki depan kuda itu naik di udara, itu tandanya orang itu mati dalam perang. Jika kaki kudanya hanya satu yang diangkat berarti orang itu cuma terluka dalam perang. Dan jika semua kaki kudanya menjejak tanah, berarti orang itu meninggal karena sakit.

Nyamuk adalah serangga yang sangat tangguh, Nyamuk dapat ditemukan di hutan-hutan tropis dan di daerah yang paling dingin seperti bagian utara Kanada dan Siberia, bahkan juga di Kutub Utara.

Rata-rata pegawai di Jepang konon hanya menggunakan setengah dari hak cuti tahunan mereka.

Bill Gates memulai karier bisnisnya pada 1969 ketika ia baru berusia 14 tahun dengan membentuk perusahaan bernama Lakeside Programming Group.

Semakin tinggi penghasilan seseorang, semakin kecil kemungkinannya membeli tiket lotre.

Thomas Alva Edison mempunyai koleksi 5000 ekor burung.

Marmot tanah hidup sebagian besar di bawah tanah. Mereka menggali lubang tempat tinggalnya dengan beberapa pintu masuk. Masing-masing liang terhubungkan dengan lorong utama dan sarang tempat mereka tidur selama musim dingin.

Belalang hanya mampu melompat pada temperatur minimum 16,7°C.

Satu-satunya negara yang namanya tidak terdapat dalam perangkonya adalah Britania Raya. Britania adalah negara pertama yang menerbitkan perangko, karena itu mereka diperlakukan khusus dalam perangkonya.

Sapi dapat menghasilkan lebih banyak susu bila mereka mendengarkan musik.

Titik di atas huruf i disebut Kata ini berasal dari bahasa Latin, yang artinya sesuatu yang sangat kecil.

Di Eropa pernah ada kebiasaan bagi seorang calon ayah yang menantikan kelahiran anaknya untuk memakan keju. Ia mulai mengorek bagian tengah keju itu, sehingga terciptalah sebuah lubang yang besar. Belakangan, setelah bayinya lahir, diadakan upacara dengan meloloskannya melalui lubang keju tersebut.

Jembatan Darat Bering di Alaska adalah sisa jembatan yang menghubungkan Asia dengan Amerika Utara lebih dari 13.000 tahun yang lalu.

umbi dan daun narsis mengandung kristal-kristal beracun dan hanya dimakan oleh beberapa serangga tertentu saja.

Ada lebih dari 2.500 versi Yesterday karya The Beatles, sehingga lagu ini menjadi lagu yang paling banyak direkam oleh penyanyi lain dalam sejarah.

Marlboro bukan hanya merk rokok, tapi juga nama banyak tempat di Amerika Serikat.

Panjang Tembok Besar Cina lebih dari 2.414 km.

Unta dapat kehilangan hingga 30 persen berat tubuhnya karena keluarnya keringat, dan tetap berjalan melintasi padang pasir.Manusia akan mati setelah 12 persen dari berat tubuhnya hilang dalam bentuk keringat.

Pemerah bibir atau lipstik sudah digunakan oleh Cleopatra, namun saat itu lipstik terbuat dari kumbang merah yang dilumatkan.

Nasi adalah makanan pokok dari setengah penduduk dunia.

Kata Eskimo" berarti "pemakan ikan mentah.

Perusahaan yang paling banyak pegawainya di dunia adalah Jawatan Kereta Api India. Seluruh pegawainya berjumlah lebih dari satu juta orang.

Nama Kanada diambil dari bahasa Indian, yang berarti Kampung Besar.

Mesin pembuat roti listrik otomatis diperkenalkan pada tahun 1992.

Adolf Hitler terkenal sebagai salah satu orang yang menjauhkan diri dari alkohol, sementara musuhnya, Sir Winston Churchill adalah salah satu peminum kelas berat dunia.

McDonald's di India tidak menyediakan daging sapi, karena sapi adalah binatang suci bagi umat Hindu Karena itu, restoran waralaba terkenal itu hanya menyediakan daging ayam, kambing, dan ikan.

Di Babilon kuno, ayah pengantin perempuan akan menyediakan minuman madu yang difermentasikan untuk persediaan minumnya selama satu bulan Karena itulah masa minuman madu gratis itu kemudian disebut masa bulan madu.

Gerak mata, ke arah kiri dapat membantu daya ingat yang berkaitan dengan warna.

Menginjak api adalah sebuah ritual yang sudah tua sekali. Rujukan-rujukan tertua mengenai upacara ini telah lebih dari 3000 tahun, ketika para pertapa di India berjalan di atas bara api untuk menguji dan menyucikan diri mereka.

Teh herbal sama sekali tidak mengandung teh, Teh jenis ini dibuat dari berbagai campuran bunga, buah, dan reramuan yang memberikan rasa yang sedap, tanpa kafein.

teh hijau, teh hitam, dan teh oolong, berasal dari pohon teh yang sama Perbedaannya diakibatkan oleh cara pemrosesan daun-daun tehnya.

Dibutuhkan rata-rata 600 buah anggur untuk menghasilkan satu botol (minuman)anggur.

bahwa Napoleon selalu membawa cokelat dalam setiap peperangannya, dan memakannya apabila ia membutuhkan energi dengan segera

bahwa kereta api yang tiba di atau berangkat dari Mumbai India setiap dua menit sekali dirancang untuk mengangkut 1700 penumpang yang berdiri. Namun biasanya kereta itu begitu padat hingga mengangkut lebih dari 7000 penumpang sekaligus.

Di negara bagian West Virginia, Amerika Serikat, bar-bar boleh mengiklankan harga minuman kerasnya, namun dilarang menyebutkan mereknya.

putri Diana sempat dioperasi selama 3 jam sebelum meninggal."

Prof. Dr. Hamka hanya memperoleh pendidikan formal hingga Sekolah Dasar dua tahun. Beliau lebih banyak belajar informal ke para ulama dan autodidak. Gelar doctor honoris causa diperolehnya dari Universitas Al-Azhar Mesir.

India adalah produsen film terbesar di dunia? Setiap tahun lebih dari 800 film cerita diproduksi dalam 14 bahasa. Ini berarti lebih dari dua buah film rata-rata diproduksi setiap harinya.

Presiden AS, Gerald Ford pernah menjadi juru masak, sementara Presiden James Garfield pernah menjadi tukang kayu.

Kabupaten Merauke adalah kabupaten terluas di Indonesia, dengan luas wilayah 44.071 km2.

Hippasus dari Metapontum dihukum mati Pythagoras karena menemukan bilangan irasional.

Pesawat Concorde memegang dua rekor kecepatan terbang untuk pesawat komersial. Pada tahun 1992 pesawat ini mengelilingi Bumi dari timur ke barat dalam 32 jam, 49 menit dan 3 detik. Tiga tahun berikutnya, ia membutuhkan 31 jam, 27 menit dan 49 detik dalam penerbangan sebaliknya.

Pada usia 26 tahun, Napoleon telah berhasil menaklukkan Italia.

King Cobra adalah ular berbisa terbesar yang panjangnya dapat mencapai lebih dari 5,5 meter. Gigitan ular ini dapat membunuh seekor gajah dalam waktu 4 jam.

kupu-kupu tak dapat terbang apabila temperatur tubuhnya kurang dari 30°Celcius.

cokelat langsung meleleh ketika dimasukkan ke mulut. Titik leleh cokelat adalah 35°C.

Finlandia adalah negara yang memiliki pulau terbanyak di dunia, yaitu 179.584 buah.

Kilat dapat menyambar Bumi dengan kekuatan hingga 100 juta volt.

Dari manapun asal negaranya, semua penerbang dalam penerbangan internasional mengidentifikasikan dirinya dalam bahasa Inggris.

Pada abad ke-11, para tentara Salib pertama kali memperkenalkan kismis di Eropa ketika mereka kembali dari Mediterania. Pada abad ke-14, kismis telah menjadi bagian penting dari masakan Eropa.

Sesungguhnya dalam standar internasional 1 ons=28,35 gram.

Kebanyakan imigran menetap di negara bagian California, Amerika Serikat. Kebanyakan dari mereka berasal dari negara-negara di Asia Pasifik.

Para mahasiswa kedokteran dan dokter memiliki risiko tinggi untuk mengidap sindrom mahasiswa kedokteran, sebuah sindrom kejiwaan.

Kecuali jenis-jenis tertentu, burung pada umumnya tidak bernyanyi bila mereka berada di tanah. Mereka bernyanyi ketika terbang atau berdiri di sebuah benda di atas tanah.

Pada masa pemerintahan Katharina Agung di Rusia, ada peraturan pada pesta-pesta bahwa laki-laki dilarang mabuk sebelum pk. 9 malam, sementara kaum perempuan dilarang mabuk sama sekali.

unta akan menolak membawa beban yang tidak diletakkan secara seimbang.

Bangsa Eskimo mempunyai dua puluh kata untuk menyebut salju.

Dalam budaya Swahili, hari baru dimulai pada saat terbitnya matahari, yaitu sekitar pk. 6 pagi.

Di bumi Indonesia tumbuh sekitar 1500 spesies lumut, sementara di dunia terdapat 4000 spesies. Dengan demikian Indonesia memiliki sekitar 38% dari kekayaan lumut dunia.

Ada ribuan jenis udang di dunia, namun kebanyakan sangat kecil ukurannya sehingga mereka menjadi makanan ikan paus. Di antara ribuan jenis udang itu hanya beberapa ratus jenis saja yang dimakan manusia.

George Washington jarang tidur lebih dari tiga atau empat jam berturut-turut dalam satu hari selama Perang Kemerdekaan Amerika Serikat.

Tumbuhan lumut, karena mampu menyerap banyak karbon dioksida dan karbon monooksida, dapat berfungsi sebagai indikator pencemaran.

Sampai saat ini sudah lebih dari 2 juta jenis binatang umum yang terdaftar di dunia, dan separuh lebih adalah jenis serangga.

Susu kedelai adalah salah satu minuman favorit di Asia Timur. Di Hong Kong, susu kedelai sama populernya seperti Coca Cola di Amerika Serikat.

Pada Abad Pertengahan minuman hangat yang populer untuk orang sakit disebut caudle, yaitu anggur atau ale yang dicampur dengan telur, roti, gula dan rempah-rempah.

Istana Buckingham di Britania Raya mempunyai 600 kamar.

Di Alaska orang dilarang membangunkan beruang yang sedang tidur dengan maksud mengambil fotonya, sementara menembak beruang adalah legal?.

Ketika kecil, Albert Einstein dianggap sebagai seorang pemalu, bodoh, malas belajar, dan pelanggar tata tertib. Ia lulus SMP tanpa mendapatkan ijazah dan dua kali gagal mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.

Bangsa Eskimo membangun igloo mereka tidak hanya untuk tempat tinggal permanen, tetapi juga untuk naungan sementara selama perjalanan mereka berburu.

Kode wilayah telepon untuk kapal pesiar di Samudera Atlantik adalah 871.

Sebelum diserang pada 11 September 2001, tenaga listrik yang digunakan oleh World Trade Center di New York City lebih besar jumlahnya daripada yang digunakan oleh seluruh kota Troy, New York.

Pangeran Al-Walid dari Arab Saudi membeli sebuah pesawat Airbus terbesar secara tunai. Bahkan Pangeran Al-Walid berencana untuk membuat MTV versi Arab.

Nama-nama orang Majus yang mengunjungi Yesus yang saat itu masih bayi, yaitu Kaspar, Melkior, dan Baltasar, hanya ada dalam tradisi Barat.Alkitab sendiri tidak menyebutkan nama mereka. Sebuah sumber historis menyebutkan nama-nama Persia mereka, yaitu Hormizdah, Yazdegerd, dan Perozadh.

Minuman beralkohol menurunkan suhu tubuh. Orang yang minum biasanya mengira suhu tubuhnya meningkat, karena alkohol menyebabkan pembuluh darah kapiler mengembang dan diisi dengan lebih banyak darah yang hangat.

Udara di Cubato, Brasil begitu tercemar, sehingga tidak ada burung ataupun serangga yang masih hidup di tempat itu. Kebanyakan pohon di sana hanya berupa pokok kayu yang hitam, sementara walikotanya pun konon tak mau tinggal di tempat itu.

Bill Clinton pernah bermain dalam sebuah trio jazz di SMAnya. Ketiganya mengenakan kaca mata hitam di panggung dan kelompoknya mereka namai "Three Blind Mice" (Tiga Tikus Buta).

Alfred Hitchcock membutuhkan 7 hari untuk membuat adegan pembunuhan di kamar mandi yang berlangsung hanya 45 detik.

Jumlah kecoa di satu wilayah kota dapat berjumlah lebih dari 100.000 ekor.

Danau Baikal di Siberia adalah satu-satunya danau di dunia yang cukup dalam untuk memiliki ikan yang hanya ditemukan di laut dalam.

Dengan hampir 30 lokasi pembuatan bir, Nigeria menjadi negara produsen bir terbesar di seluruh Afrika. Sejarah pembuatan bir di Afrika telah dimulai sekitar 8000 tahun yang lalu oleh bangsa Mesir.

Lidah seekor paus biru panjangnya sama dengan panjang seekor gajah.

Penerbangan terjadwal yang terpendek adalah penerbangan antara pulau Westray ke pulau Papa Westray di Skotlandia. Lama penerbangan itu hanyalah 2 menit.

DiJepang, capung dijadikan lambang nasib baik, keberanian, dan kejantanan. Para samurai Jepang seringkali menggunakan lambang capung dalam pertempurannya.

Tenaga uap telah mulai digunakan pada tahun 50 SM.

Hak cipta pertama kali diciptakan pada tahun 1486.

Bumi kita ini tidak bulat. Bentuknya mirip bentuk dari buah pir. Diameter dari Kutub Utara lebih lebar 44 mm dari diameter Kutub Selatan.

Jika seseorang dapat menutup hidung, mata, telinga, dan mulut saat bersin, orang itu akan merasa bahwa kepalanya meledak.

Setelah tiga minggu berlibur, IQ kita dapat berkurang hingga 20 persen.

Meskipun Hawaii di Amerika Serikat digelari sebagai The Aloha State, kota Aloha terdapat di negara bagian Washington, Louisiana, Michigan, dan Oregon.

Para pengawal di Tembok Besar di CiNa pada Abad Pertengahan seringkali dilahirkan, dibesarkan, menikah, meninggal dan dikuburkan di situ juga. Banyak dari mereka yang tidak pernah meninggalkan Tembok itu sepanjang hidupnya.

Cheetah adalah hewan darat yang dapat berlari dengan kecepatan paling tinggi. Ia dapat berlari dengan kecepatan 95 km/jam.

Yongle dadian adalah sebuah ensiklopedi dari masa Dinasti Ming di Cina. Ensiklopedi ini terdiri dari 22.937 bab, dengan 10.000 volume. Lebih dari 2000 sarjana Cina mengerjakan buku ini selama lima tahun.

Orang kidal cenderung mengunyah makanannya pada sisi sebelah kiri mulutnya. Demikian pula sebaliknya dengan orang yang tangan kanannya lebih dominan.

Seekor lebah ratu dapat menghasilkan 3000 butir telur dalam sehari.

Pulpen pertama dijual pada 1945 dengan harga AS$12 per buah.

Menurut survai nasional di Amerika Serikat, 80% dari semua guru di Taman Kanak-kanak hingga kelas 8 di negara itu pernah menerima cokelat sebagai hadiah dari murid-murid mereka.

Nama Louis digunakan oleh banyak tokoh Perancis, termasuk 18 orang raja di negara itu.

Di Huntington, West Virginia, ada hukum yang mengatakan bahwa orang boleh memukuli istrinya asalkan itu dilakukan di tempat terbuka, pada hari Minggu, dan di tangga gedung pengadilan.

Samudera yang paling kecil dan terdangkal di dunia adalah Samudera Arktik.

Diduga setidak-tidaknya 33% dari semua orang yang berambut pirang di Amerika Serikat sesungguhnya bukan warna alamiah.

Minuman soda ber gas diciptakan pada tahun 1767 oleh Joseph Priestley, Bersama Antoine Lavoisier ia menemukan oksigen.

Aspirin dijual sebagai obat pada tahun 1899 setelah Felix Hoffmann, seorang kimiawan Jerman di perusahaan obat Bayer berhasil memodifikasi asam salisilat, senyawa yang ditemukan dalam kulit kayu dedalu.

Ketika bertunangan dengan Louis XIV dari Perancis, Putri MarĂ­a Teresa dari Spanyol memberikan tunangannya hadiah berupa cokelat yang ditempatkan dalam sebuah kotak berukir yang indah.

Madu adalah satu-satunya makanan yang tidak akan pernah basi/membusuk.

Otot yang paling kuat di tubuh manusia adalah otot lidah.

Papan catur dengan kotak-kotak hitam-putih pertama kali muncul di Eropa pada 1090.

Suratkabar The Boston Nation yang terbit di Ohio, Amerika Serikat, pada pertengahan abad ke-19, panjang halamannya 2,3 meter dan lebarnya 1,7 meter. Dua orang dibutuhkan untuk memegang koran itu agar dapat dibaca dengan baik.

Dinding-dinding igloo yang sepenuhnya dibuat dari salju, lebih sanggup bertahan menghadapi artileri modern daripada barikade tembok. Dinding igloo dapat menyerap ledakan artileri, hampir tidak terlihat dari angkasa, dan tak dapat ditemukan oleh sensor infra merah yang membimbing peluru kendali.

Bangsa Babilonia dan bangsa Tionghoa merayakan Tahun Baru pada awal musim semi untuk menandai peralihan musim. Kedua bangsa ini telah merayakannya sejak ribuan tahun yang lalu, sebelum kalender Masehi dikenal orang.

Janji atau resolusi yang paling banyak dibuat oleh orang Amerika pada hari Tahun Baru adalah mengurangi berat badan.

Source from http://id.wikipedia.org
 
Powered By essa.com | Portal Design By Sindang Laut © 2010