Photobucket

Translate This Blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified

Telaga Remis

Menuju Lokasi
Telaga Remis adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan. Talaga Remis merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Kaduela, kecamatan Pasawahan Kab. Kuningan, berjarak ±37 km dari pusat kota Kuningan dan 12 KM dari Kota Cirebon. Nama danau ini diambil dari binatang remis, sejenis kerang bewarna kuning yang banyak hidup di sekitar telaga tersebut.

Kondisi Alam
Terdapat 8 telaga yaitu : Telaga Leat, Telaga Nilem, Telaga Deleg, Situ Ayu Salintang, Telaga Leutik, Telaga Buruy, Telaga Tespong, dan Sumur Jalatunda. Objek Wisata Telaga Remis menyimpan keanekaragaman flora dan fauna, terdapat kurang lebih 160 jenis tumbuhan diantaranya sonokeling, malaka, kosambi dan lain-lain. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya satu jenis tumbuhan langka yaitu Pisang Hyang yang menjadi obyek wisata budaya yang cukup terkenal baik di dalam negeri maupun mancanegara.


Talaga Remis merupakan perpaduan antara pesona alam pergunungan hutan serta air talaga yang jernih, bening laksana kaca didukung udara pergunungan yang sejuk menantang untuk berwana wisata menguak misteri hutan. Fasilitas yang tersedia adalah perahu motor, sepeda air, saung dan jalan setapak. Ditempat ini dapat pula bersantai dan menikmati jajanan yang tersedia. (Dikutip dari http://www.id.wikipedia.org/wiki/Telaga_Remis)

Rute
Rute menuju lokasi tidaklah sulit. Akses jalan yang bagus yang melewati Desa Cikalahang hanya terdapat beberapa bagian yang yang sedikit berlubang. Jarak dari kota Kuningan kurang lebih 37 KM. Akan lebih dekat jika kita dari arah Cirebon yang hanya 12 Km. Rute dari arah Cirebon, saya mengendarai sepeda motor menuju Sumber. Kemudian lanjutkan perjalanan ke arah Kab. Majalengka. Jika anda memasuki kawasan kerajinan Batu Bobos berarti anda telah dekat dengan lokasi, maka pelan-pelanlah memacu kendaraan anda. Di Perempatan Cikalahang akan ada papan petunjuk mengarah ke sebelah kiri yang bertuliskan Objek wisata Telaga Remis. Ikutilah jalan itu hingga anda sampai di Balai Desa Cikalahang. Kemudian belok kiri sekitar 500 meter, kemudian ada papan petunjuk ke lokasi Telaga Remis menunjuk ke arah sebelah kanan. Ikuti jalan sampai anda memasuki gerbang masuk di Telaga Remis. Disini anda akan dipungut sejumlah uang untuk retribusi masuk objek wisata. Anda dapat memarkir kendaraan anda kurang lebih 500 meter setelah masuk gerbang.

Menikamati Suasana
Sungguh asri telaga ini, begitu alaminya. Air telaga yang berwarna hijau bening memang sebening kaca. Bahkan pohon-pohon seperti dicerminkan oleh air telaga tersebut. Ditepi danau, pohon pinus berdiri tegak dan rindang. Angin semilir menambah suasana hati ini semakin romantis mengagumi keindahan ciptaan-Nya.


Jalan-jalannya dimulai dengan berjalan ke arah sebelah kiri. Tujuannya adalah mengelilingi telaga keseluruhan. Setelah menuruni tangga saya pandangan saya terpaku sama hijaunya air danau. Benar-benar hijau, dan di dalamnya banyak sekali ganggang hijau dan ikan. Saya kemudian menyeberangi telaga melewati jembatan yang sengaja di bangun. Dari sini tampaklah keseluruhan bagian dari telaga. Di telaga ada yang memanfaatkannya untuk makan lesehan bersama keluarga besar meraka. Sungguh nikmat kelihatannya. Selain itu ada keluarga lain yang menumpang perahu motor berkeliling telaga bersama anak-anak mereka. Betul-betul harmonis. Ada juga pasangan kakek nenek yang naik angsa yang terbuat dari plastik. Mereka bersoes menikmati masa tua mereka.


Jika anda berkunjung ke sini, disediakan berbagai macam permainan. Disediakan perahu motor untuk mengelilingi telaga dengan tarif 3000 untuk setiap 15 menit. Itupun tergantung anda yang menawar. Sedangkan perahu kayuh dipatok tarif 1000 per 15 menit. Jika hari libur biasanya tarifnya lebih tinggi dari hari biasa. Tapi semuanya bisa dinegosiasikan oleh anda dan pemilik perahu.


Bagi anda yang suka tantangan, di Telaga Remis disediakan juga permainan meluncur. Orang yang akan meluncur dilengkapi dengan alat repling kemudian meluncur di atas tali menyeberangi Telaga Remis dengan ketinggian sekitar 5 meter dari permukaan air. Setelah siap anda kemudian akan diluncurkan dari menara pemberangkatan yang terletak di sebelah kanan telaga ini. Bagi anda yang ingin bersantai, anda dapat membawa tikar dan menggelar tikar di bawah rindangnya pohon pinus sambil menikmati jajanan atau makanan yang telah anda bawa. Saya ke sana cuma membawa roti apel jeruk dan beberapa botol minuman. Rasanya lebih nikmat makan di alam terbuka seperti ini. Apalagi sambil bersantap siang bersama keluarga membawa bekal nasi dan lauknya.


Di tepi Telaga Remis juga banyak orang yang berjualan. Syukurlah mereka dengan penuh kesadaran selalu menjaga kebersihan dan keindahan telaga ini sehingga dagangan mereka teratur. Meneruskan perjalanan mengitari telaga ini, lagi-lagi pandangan mata tak bisa lepas dari jernihnya air yang terdapat di telaga ini. Di beberapa bagian telaga air seperti cermin yang berwarna hijau yang memantulkan pohon-pohon diatasnya. Diperkirakan kedalaman telaga ini tidak lebih dari 5 meter. Kebersihan di lingkungan telaga sangat diperhatikan. Terlihat hampir semua bagian dari telaga tak ada sampah sedikitpun.


Di sebelah selatan danau terdapat tempat duduk bagi anda yang ingin rehat dari berjalan kaki. Tempatnya sangat strategis berada di ketinggian, sehingga anda dapat memandang ke bawah dengan leluasa. Dari ketinggian ini anda akan dapat melihat seluruh kegiatan yang ada di telaga. Angin semilir di ketinggian ini dan hawa pegunungan yang sejuk sangat terasa di badan. Sejuk sekali alam ciptaan-Nya ini.


Di sebelah timur terdapat pepohonan rindang. Bukan pohon pinus, sepertinya pohon beringin. Tempat duduk yang disediakan juga ada. di sini juga terdapat ayunan bagi anak-anak yang ingin bermain. Pastikan anda mendampingi anak-anak dan menjaga mereka agar tidak terlalu dekat dengan telaga sendirian. Selalu dampingi dan awasi setiap aktivitas meraka.

Puas sudah bekeliling telaga Remis. Tak terasa menunjukkan pukul 12 lebih. Ini waktunya shalat dhuhur. Di Telaga Remis juga disediakan mushola untuk sholat. Hanya kapasitasnya kecil, sehingga saya memutuskan untuk shalat dimasjid di luar. Saya menunaikan shalat dhuhur di masjid yang berada di kantor kelurahan Cikalahang. Setelah sholat, seperti ada yang memanggil-manggil. Ya, apalagi kalo bukan perut.
Untuk memcari tempat makan, anda harus kembali lagi ke arah Telaga Remis. Di tepi jalan di Desa Cikalahang yang menuju Telaga Remis, memang banyak sekali kolam renang dan restoran. Jika anda punya banyak waktu luang, ada baiknya mencoba kolam renang dengan air yang jernih yang mengalir.


Rekomendasi untuk tempat makan banyak sekali di sini. Menu-menu yang dihidangkan pada umumnya adalah ikan bakar yang membuat anda akan selalu menambah nasinya. Rasa ikan bakarnya enak sekali. Mungkin karena suasananya kali ya. Memang, rumah makan di cikalahang terletak di tepi pesawahan dan selokan air yang jernih sekali. Gemericik air yang jernih membuat nafsu makan bertambah. Apalagi di sekeliling tempat makan terdapat kebun mangga dan tanaman padi yang menghijau. Rumah makan yang sering dikunjungi adalah Rumah makan Karitzma. Menu disini sangat menggugah selera dan bisa anda memesan dengan harga tidak lebih dari 30 Ribu per orang. Ikan bakar yang dihidangkan pun cukup besar dengan nasi hangat yang wangi yang masih mengepul.


Apabila anda menginginkan rumah makan yang lesehan, sebelah rumah makan Karitzma ini bisa anda singgahi. Disini malah lebih murah, nasi dan dua porsi besar ikan bakar + minuman hanya 40 ribu saja. Betul-betul kenyang. Saya saja hampir 2 jam duduk disini menikmati makan siang di tengah kolam ikan yang terletak di pinggir area persawahan. Pemandangan yang begitu memukau membuat saya tak ada keinginan untuk pulang. Akan tetapi karena waktu sudah masuk waktu asar, akhirnya saya putuskan meninngalkan lokasi eksotis ini untuk sholat asar dilanjutkan ke supermarket untuk membeli bahan kebutuhan sehari-hari. Hemm. Benar-benar hari Minggu yang menyenangkan. Suatu saat saya akan berkunjung ke sini lagi. Saatnya anda mencoba.
 
Powered By essa.com | Portal Design By Sindang Laut © 2010